PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK AUTIS KELAS V DI SLB MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Teresa, Nur Azani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK AUTIS KELAS V DI SLB MARDI MULYO KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Teresa Nur Azani_11103244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flashcard pada anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (kolaborasi). Subjek penelitian yaitu anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat meningkat dengan menggunakan media flashcard pada anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Penelitian terdiri dan dua siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua 3 pertemuan. Pada siklus pertama di awal pertemuan siswa dibimbing oleh guru untuk menjalankan media pembelajaran flashcard. Guru membimbing subjek dengan mengucapkan suku kata dan kata yang ada di flashcard kemudian meminta siswa untuk mengulanginya. Kemudian pada tahap selanjutnya guru meminta subjek untuk membaca suku kata dan kata secara mandiri dan hanya dibantu apabila subjek kesulitan. Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan sebesar 12,5 % dari 32,5 pada tes kemampuan awal (pra tindakan) menjadi 45 pada pasca tindakan siklus I kemudian menjadi 72,5 dengan kategori baik pada siklus II. Hasil observasi pasrtisipasi siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 65,60 dengan kategori baik meningkat menjadi 82,28 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61781

Actions (login required)

View Item View Item