Peningkatan Pembuatan Aksesoris melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa

Suciarthasih, Ni Nyoman Fefi (2018) Peningkatan Pembuatan Aksesoris melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ni nyoman fefi suciarthasih-14702251046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatan pembuatan aksesoris pada siswa tunagrahita ringan Rombongan Belajar Tata Kecantikan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta melalui pembelajaran kooperatif tipe Learning Together(LT), (2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Learning Together(LT) untuk meningkatan pembuatan aksesoris pada siswa tunagrahita ringan Rombongan Belajar Tata Kecantikan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, dan (3) mendeskripsikan hasil peningkatan pembuatan aksesoris setelah diterapkan melalui pembelajaran kooperatif tipe Learning Together(LT). Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model penelitian Mertler dan Charles. Satu siklus penelitian dilaksanakan melalui stage planning (perencanaan), dilanjutkan stage acting (pengambilan tindakan) dan stage developing (pengembangan), kemudian diakhiri dengan stage reflecting (refleksi). Subyek penelitian merupakan siswa tunagrahita ringan Rombongan Belajar Tata Kecantikan SLB Negeri Pembina Yogyakarta sejumlah 10 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa lembar penilaian unjuk kerja keterampilan secara kelompok, lembar pengamatan dan dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran dan foto hasil produksi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Learning Together/LT dapat menuntaskan unjuk kerja seluruh siswa dengan prosentase kenaikan sebesar 25% dari sebelum diberi tindakan. Kuantitas produksi aksesoris pada siklus I berjumlah 9 buah dan dapat memenuhi kriteria keberhasilan. Pada siklus II terjadi peningkatan kuantitas menjadi 12 buah yang berarti melebihi kriteria keberhasilan sebesar 33,33%. Kemudian pada siklus III kuantitas produksi dapat tercapai dengan konsisten. Kata Kunci: pembuatan aksesoris, pembelajaran kooperatif tipe Learning Together, tunagrahita

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 10 Dec 2018 05:25
Last Modified: 18 Aug 2022 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61765

Actions (login required)

View Item View Item