LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY 2017 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dea Rizkiana, Saraswati (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY 2017 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102244006_DEA RIZKIANA S..pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan terbimbing memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman, kesempatan, bekal dalam mengembangkan diri sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan yang diharapkan mampu memenuhi empat standar kompetensi yang harus dimiliki tenaga pendidik maupun kependidikan. Kegiatan PLT dilaksanakan di Dinas P3AKBPM&D kabupaten Gunungkidul selama 2 bulan. Dalam Pelaksanaan PLT melalui beberapa tahapan mulai dari persiapan dengan pembekalan, praktik pembelajaran, penerjunan, observasi, penyusunan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Dari hasil observasi ditentukan beberapa program kerja meliputi program kerja individu, program kerja lembaga yang terdiri dari manajerial dan pengelolaan program, program rutin lembaga, serta program insidental. Dalam pelaksanaan program individu meliputi kegiatan pembelajaran diawali dengan persiapan materi yang disesuaikan dengan sasaran peserta didik. Karena sasaran kita bisa dari remaja sampai lansia sekalipun. Sedangkan dalam pelaksanaan program rutin lembaga dan program lembaga menyesuaikan dengan jadwal dari Dinas itu sendiri. Secara keseluruhan program kerja dapat dilaksanakan dengan lancar. Program kerja yang terlaksana meliputi kegiatan sosialiasi BKR, BKB, BKL, sosialisasi PIK R, peningkatan kapasitas Forum Anak Gunungkidul, pembuatan website dan substansi website, pendampingan adminstrasi dinas, pendampingan pengelolaan program dinas, rutin lembaga, dan beberapa program insidental. Dalam pelaksanaannya tidak ditemui banyak hambatan dikarenakan adanya koordinasi atar pihak yang berkaitan serta dukungan penuh dari Dinas. Pelaksanaan program PLT UNY juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, lembaga, maupun masyarakat sasaran. Dengan adanya PLT, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas serta mengembangkan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidik luar sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, DP3AKBPM&D, Program kerja, mahasiswa, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61726

Actions (login required)

View Item View Item