LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Meida Rahma, Anindita (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102244004_MEIDA RAHMA A..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing( PLT ) merupakan kegiatan yang terkait dengan pembelajaran ataupun kegiatan pendukung berlangsungnya pembelajaran. Dengan Matakuliah PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PLT adalah bentuk pengabdian dari perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah yang merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan, Dalam pelaksanaan PLT mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya yang diperoleh di kampus untuk di aplikasikan di lapangan. Selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan tentang pendidikan dan kemasyarakatan. Program kerja mahasiswa PLT di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul meliputi kegiatan pra PLT, program utama mengajar, program kerja lembaga, program tambahan, program rutin lembaga, dan program insidental. Program utama meliputi proses kegiatan mengajar yang berkerja sama dengan petugas PLKB di kecamatan. Hasil pelaksanaan PLT di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul adalah dapat terlaksananya semua program kerja dengan lancar dengan jumlah jam sebanyak 280 jam. Program Kerja yang terlaksana selama PLT antara lain: pemberian materi seputar pendidikan luar sekolah seperti halnya, pendewasaan usia prkawinan, pusat informasi kesehatan remaja, bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia dan sebagainya. terlaksana input data, pembaruan/revitalisasi website Dengan terlaksanya kegiatan PLT, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon pendidik professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PLT, Inovasi Pelayanan Publik, Kader, Program Kerja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61725

Actions (login required)

View Item View Item