LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY 2017 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Adia Sinta, Prihasari (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY 2017 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (DP3AKBPM&D) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102241020_ADIA SINTA PRIHASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan terbimbing memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman, kesempatan, bekal dalam mengembangkan diri sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan yang diharapkan mampu memenuhi empat standar kompetensi yang harus dimiliki tenaga pendidik maupun kependidikan. Dengan adanya PLT, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas serta mengembangkan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidik luar sekolah. Kegiatan PLT dilaksanakan di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM&D) kabupaten Gunungkidul selama dua bulan yang dimulai pada tanggal 15 September-15 November 2017. Dalam Pelaksanaan PLT melalui beberapa tahapan mulai dari persiapan dengan pembekalan, praktik pembelajaran, penerjunan, observasi, penyusunan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Dari hasil observasi ditentukan beberapa program kerja meliputi program kerja individu yang meliputi Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKR), Parenting, Peningkatan Kapasitas Forum Anak Gunungkidul, pembuatan website, dan pembuatan artikel substansi website.Program kerja lembaga yang terdiri dari manajerial dan pengelolaan program, program rutin lembaga meliputi apel pagi dan koordinasi. Serta program insidental meliputi takziah, ulang tahun pegawai dinas, pengenalan wisata pantai Gunungkidul dan pelepasan PLT. Secara keseluruhan program kerja dapat dilaksanakan dengan lancar. Dalam pelaksanaannya tidak ditemui banyak hambatan dikarenakan adanya koordinasi atar pihak yang berkaitan. Pelaksanaan program PLT juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, lembaga, maupun masyarakat sasaran. Jumlah total jam pelaksanaan PLT sebanyak 317 jam. Manfaat PLT bagi mahasiswa yaitu dapat dijadikan sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan, sarana untuk mengembangkan diri dalam hal berkomunikasi dengan warga belajar maupun dengan perangkat daerah yang terlibat dalam pelaksanaan PLT. Selain itu juga membuat pola pikir menjadi lebih dewasa dan berkembang dalam pemahaman mengenai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi suatu program yang dilaksanakan serta pemecahan masalah yang nantinya akan dibutuhkan dalam dunia kerja. Manfaat bagi lembaga yaitu terjalinnya kerjasama antara DP3AKBPM&D dengan Universitas Negeri Yogyakarta, dan manfaat untuk masyarakat sasaran yaitu masyarakat mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru yang nantinya dapat diterapkan atau diimplementasikan dalam kehidupannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tujuan PLT, perencanaan dan pelaksanaan PLT, Hasil dan Manfaat PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61720

Actions (login required)

View Item View Item