LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Setyodi, Marrizal (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, DAN KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA ( DP3AKBPM&D ) KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14102241012_SETYODI MARRIZAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah bentuk pengabdian dari perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah yang merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan, Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan tentang pendidikan dan kemasyarakatan. Program kerja mahasiswa PLT di DP3AKBPM&D meliputi kegiatan pembuatan program kerja, administrasi di lembaga, program kerja utama (mengajar), program kerja utama (non mengajar), program penunjang, program tambahan, program rutin lembaga, dan program insidental. Hasil pelaksanaan PPL di DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul adalah dapat terlaksananya semua program kerja dengan lancar dengan jumlah jam sebanyak 310 jam. Program Kerja Kelompok yang terlaksana selama PPL antara lain: tercipta inovasi pelayanan publik berupa layanan online atas pengaduan masyarakat, terlaksana pelatihan pembuatan data base berbasis web dan input data, terlaksana pembimbingan administrasi dan pengembangan SDM Kader Kelompok Wanita, pembaruan/revitalisasi website dari segi tampilan dan konten, dan tersampaikannya pesan kampanye untuk meniadakan pernikahan usia dini, dan materi dampak pernikahan usia dini, tersampaikannya bimbingan teknis aplikasi sistem keuangan desa pada desa tertentu. Selain itu telah terlaksana pula program tambahan yaitu pemberian penguatan materi pada kader BKB, BKR dan BKL serta pengembangan SDM pada kader posyandu. Dengan terlaksanya kegiatan PPL, mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon pendidik professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PPL, Inovasi Pelayanan Publik, Kader, Program Kerja, DP3AKBPM&D
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61719

Actions (login required)

View Item View Item