PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT PAKAIAN MELALUI MEDIA FLIPCHART PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Reni, Maharani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT PAKAIAN MELALUI MEDIA FLIPCHART PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Reni Maharani_13103241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melipat pakaian melalui media flipchart pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi oleh peneliti bersama guru kelas IV di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Subyek penelitian berjumlah dua siswa tunagrahita kategori sedang yang terdiri dari satu perempuan dan satu laki-laki. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan melipat pakaian ditunjukkan dengan siswa mampu menunjukkan arah pada kemeja, menunjukkan bagian-bagian pada kemeja, mengancingkan kemeja, meletakkan kemeja di atas meja, melipat lengan kanan ke belakang kemeja, melipat lengan kiri ke belakang kemeja, melipat bagian bawah kemeja, membalik kemeja dan merapikan kerah kemeja secara mandiri. Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Pada tes pra tindakan nilai subyek S 68,41% meningkat sebesar 5,27% menjadi 73,68% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat sebesar 10,53% menjadi 84,21%. Subyek B memiliki kemampuan awal sebesar 68,16% meningkat sebesar 5,26% menjadi 68,41% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 14,48% menjadi 82,89%. Penggunaan media flipchart dalam kegiatan melipat pakaian dapat meningkatkan aktivitas siswa. Media flipchart dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa antusias dalam mengikuti kegiatan melipat pakaian. Media flipchart juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 09:12
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61712

Actions (login required)

View Item View Item