PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB LENTERA HARAPAN KLATEN

Reysa, Ayuningtyas Wardani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB LENTERA HARAPAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Reysa Ayuningtyas W_13103241076.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa autis kelas V setelah diberikan pembelajaran dengan metode multisensori di SLB Lentera Harapan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelas V di SLB Lentera Harapan Klaten. Data dikumpulkan dengan observasi, dan tes. Observasi pada penelitian ini yaitu observasi kinerja guru dan observasi partisipasi siswa. Tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal melengkapi huruf sesuai dengan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan menulis permulaan pada anak autis kelas V di SLB Lentera Harapan Klaten dapat meningkat melalui metode multisensori. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah diberikan tindakan. Hal ini dapat dilihat dari tes pasca tindakan yang diperoleh subyek pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 85,7% hasil ini diperoleh dari nilai pra tindakan yaitu 35 menjadi 65 pada pasca tindakan siklus I. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 70. Peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 128,5% dari kemampuan awal 35 menjadi 80. Peningkatan belajar pada anak seperti anak sudah mampu menuliskan beberapa kata sesuai dengan gambar. Pada aspek afektif seperti anak sudah mampu duduk dengan posisi yang baik. Penelitian dinyatakan berhasil dan berakhir pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 09:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61710

Actions (login required)

View Item View Item