EFEKTIVITAS MEDIA BALOK DIENES TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SLOW LEARNER KELAS II DI SD N GEJAYAN

Nuraini, Safitri (2017) EFEKTIVITAS MEDIA BALOK DIENES TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SLOW LEARNER KELAS II DI SD N GEJAYAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nuraini Saitri_12103241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media balok Dienes terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bagi slow learner kelas II di SD N Gejayan Depok Sleman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Perlakuan dilaksanakan sebanyak empat kali di ruang Katolik/Kristen terhadap dua anak slow learner kelas II di SD N Gejayan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes kemampuan berhitung dan metode observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media balok Dienes efektif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bagi anak slow learner kelas II di SD N Gejayan. Keefektifan tersebut ditunjukkan dengan nilai tes kemampuan berhitung setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tes sebelum perlakuan dan hasil posttest masuk kategori minimal baik. Nilai rata-rata pretest anak A sebesar 30% dan posttest sebesar 70%. Nilai rata-rata pretest anak YM sebesar 20% dan posttest sebesar 60%. Dengan demikian, anak A dan YM sama-sama mengalami selisih antara hasil posttest dan pretest sebesar 40%. Kemampuan penjumlahan anak A dan YM setelah perlakuan yakni telah mampu melakukan penjumlahan tanpa menyimpan antara puluhansatuan, satuan-puluhan, dan puluhan-puluhan dan telah mampu melakukan penjumlahan dengan menyimpan antara puluhan-satuan dan satuan-puluhan. A juga telah mampu melakukan penjumlahan dengan menyimpan antara puluhan-puluhan. Penggunaan media balok Dienes dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan terdiri dari persiapan, pengenalan media dan cara menggunakan media. Tahapan menggunakan media yang diterapkan yakni siswa diminta untuk meletakkan blok pada papan penjumlahan sesuai dengan bilangan penjumlahan, menggabungkan dan menghitung jumlah blok di bagian hasil akhir, dan menulis cara melakukan penjumlahan deret ke bawah pada kertas jawaban yang disesuaikan dengan langkah-langkah yang telah dikerjakan menggunakan media balok Dienes di papan penjumlahan sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:58
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61708

Actions (login required)

View Item View Item