PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENGURANGAN DENGAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SD NEGERI POJOK SLEMAN YOGYAKARTA

Jaka, Bangkit Prasetyo (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENGURANGAN DENGAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SD NEGERI POJOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Jaka Bangkit Prasetyo_13103241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa tunarungu kelas dasar II SD Negeri Pojok Sleman. Tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan media sempoa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pemberian tindakan dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian adalah seorang anak tunarungu yang masih memiliki hasil belajar rendah dalam mata pelajaran matematika materi pengurangan dengan teknik meminjam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sempoa dapat meningkatkan proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan kinerja guru yang menunjukkan perubahan menuju lebih baik. Selain itu perubahan juga terjadi pada siswa dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan diri siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, mampu menyampaikan pendapat ataupun pertanyaannya, dan siswa mampu mengoperasikan media sempoa tanpa bantuan guru. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar operasi hitung pengurangan pada siswa tunarungu di SD Negeri Pojok Sleman. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan dari hasil belajar subjek yang mendapatkan skor 40. Setelah dilakukan tindakan I berupa penjelasan konsep dasar dan pelatihan penggunaan sempoa serta bimbingan dalam menyelesaikan soal, subjek memperoleh skor 60. Pasca tindakan II subjek mampu memperoleh skor 80 atau meningkat sebesar 40% dan telah memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75,00. Hasil peningkatan hasil belajar operasi hitung pengurangan pasca tindakan II yaitu subjek memahami konsep dasar operasi hitung pengurangan, dapat mengoperasikan sempoa sebagai media tanpa bantuan guru, mampu berhitung dengan hasil yang tepat menggunakan sempoa.Kesimpulan akhir adalah penggunaan media sempoa dapat meningkatkan operasi hitung pengurangan dengan teknik meminjam pada siswa tunarungu kelas dasar II di SD Negeri Pojok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61702

Actions (login required)

View Item View Item