PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Elkhana, Meinawati (2017) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Elkhana Meinawati_13103241083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dengan menggunakan metode eksperimen pada anak tunarungu kelas 1 SD di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Melalui metode eksperimen anak terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan guru kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu kelas 1 SD yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pengamatan dengan instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak tunarungu. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan kesempatan anak untuk melakukan percobaan secara langsung dalam mengenal warna. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak yaitu dengan kegiatan mencampur warna, mewarnai, menempel gambar dan meronce. Hasil ini dapat dilihat dari kenaikan kemampuan mengenal warna dari data hasil observasi pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada Pratindakan, Na mendapat nilai 68, Ar 64 dan Ba 70. Pada Siklus I subjek Na mendapatkan nilai 78, Ar 72 dan Ba 82. Pada Siklus II subjek Na mendapat nilai 88, Ar 82 dan Ba 90. Secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan mengenal warna anak tunarungu ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61699

Actions (login required)

View Item View Item