PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MASSAGE PADA SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Eka, Putri Damayanti (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MASSAGE PADA SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eka Putri Damayanti_13103241075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan massage pada siswa tunanetra kelas IV di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada: 1) persiapan pembelajaran; 2) proses pembelajaran; dan 3) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa tunanetra kelas IV dan seorang guru pengampu pembelajaran sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan massage terdiri dari: 1) persiapan pembelajaran meliputi guru menentukan tujuan berpedoman hasil asesmen bakat dan minat serta kemampuan awal siswa, menentukan materi dengan acuan Buku Pedoman Instruktur Keterampilan Massage Jilid I, dan mempersiapkan perlengkapan berupa ruangan, kasur, bantal, guling, meja, kursi, pancikan/ tangga pijakan, lampu, kipas angin, serta massage cream; 2) proses pembelajaran: a) kegiatan pendahuluan meliputi guru memberikan apersepsi dengan bertanya pengalaman siswa tunanetra pada saat di-massage baik bagian tungkai maupun punggungnya dan guru menyampaikan tujuan dengan menyebutkan kegiatan pada pertemuan tersebut, b) kegiatan inti berisi penyampaian materi disertai pemberian contoh teknik manipulasi dengan cara guru mempraktikkan langsung pada bagian tubuh siswa lalu siswa mengamati dengan cara merasakan, guru mengajarkan teknik diawali dengan mengingatkan dan mengarahkan siswa untuk mencuci tangan lalu mengatakan posisi masseur terhadap pasien yang sudah tengkurap, membimbing siswa untuk menggunakan perlengkapan yang ada di ruangan, dan mengajarkan teknik dengan memegang tangan siswa kemudian diposisikan pada bagian tubuh pasien yang akan di-massage serta mengarahkan gerakan yang harus dilakukan siswa, c) kegiatan penutup berisi review materi oleh guru dengan menjelaskan poin-poin materi dan tanya jawab; 3) evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru melalui observasi keterampilan massage siswa saat melakukan praktik dan tes lisan pada akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2018 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61689

Actions (login required)

View Item View Item