LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Berrlian, Rakhma Sari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. BERRLIAN RAKHMA_PBSI_14201241008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau calon guru. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai sarana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tesebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk menerapkan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa PLT dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Selain itu, program PLT ini juga bertujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan utamanya saat menjadi guru. Program PLT ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No. 18 kota Yogyakarta yang berlangsung selama 2 bulan. Kegiatan ini mencakup kegiatan pengelolaan perpustakaan sekolah, UKS sekolah, dan praktik mengajar, serta berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh SMP N 4 Yogyakarta. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran. Pada pelaksanaan PLT ini, telah mendapat suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajar mata pelajaran Bahasa indonesia pada kelas VII C dan VII D. Sesuai dengan standart yang telah ditetapkan oleh kampus, mahasiswa sekurang-kurangnya melakukan 8 kali proses mengajar dengan 8 RPP berbeda dimana 4 kali melakukan praktik mengajar mandiri dan 4 kali mengajar terbimbing.Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata terkaitan dengan penerapan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi. Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah dan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah. Hal yang penting dari PLT ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT (Praktik Lapangan Terbimbing), SMP negeri 4 Yogyakarta, kegiatan PLT.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61680

Actions (login required)

View Item View Item