LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Priska Ajeng, Paramita (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. PRISKA AJENG PARAMITA_14104241013_BK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam aspek penguasaan ilmu yang lengkap terdiri dari tiga kemampuan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiganya saling melengkapi dan menguatkan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan gabungan dari ketiga kemampuan tersebut. Tidak jauh berbeda dengan guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling juga harus mengetahui dan menguasai teori-teori BK dan diterapkan dalam pemberian layanan pada konseli. Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung dengan situasi dan kondisi yang nyata, sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi konselor yang memiliki integritas dan profesionalitas. PLT dilaksanakan selama dua bulan, yaitu mulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November. Mahasiswa akan memperoleh guru pembimbing lapangan sesuai dengan jurusan masing-masing. Kegiatan PLT di SMP Negeri 4 Yogyakarta dimulai dari tahap observasi situasi, kondisi serta administrasi yang kemudian dituangkan dalam matrik kerja PLT. Matrik kerja PLT BK mempertimbangkan 4 layanan BK yaitu layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem serta 4 bidang BK yaitu bidang pribadi, sosial, karier dan belajar. Untuk mengetahui kebutuhan dari siswa dan ketepatan layanan yang diberikan saya menggunakan angket Identifikasi Kebutuhan Masalah Siswa (IKMS). Setelah angket selesai dianalisis selanjutnya adalah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). Tema yang diguanakan dalam RPL merupakan jenis kasus yang dialami oleh kebanyakan siswa. Dalam pembelajaran di SMP Negeri 4 Yogyakarta tidak disediakan jam khusus masuk kelas untuk Bimbingan dan Konseling. Layanan bimbingan dan konseling sangat luas, walaupun tidak ada jam masuk kelas, namun layanan masih bisa dilakukan jika ada jam kosong. Bimbingan kelompok, konseling individu, konseling kelompok, sosiometri dan home visit juga dapat dilakukan diluar jam pelajaran. Hampir seluruh program dalam matrik dapat terlaksana sesuai yang diharapkan. Dikahir kegiatan praktik lapangan terbimbing mahasiswa wajib membuat laporan selama kegiatan PLT 2 bulan ini. Guru Pembimbing di sekolah melakukan penlaian terhadap mahasiswa bimbingannya berdasarkan form yang sudah disediakan dan diserahkan ke Dosen Pembimbing Lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMP N 4 Yogyakarta, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61677

Actions (login required)

View Item View Item