Kendala dan Strategi Guru Matematika SMP dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah

Tobondo, Yunda Victorina (2018) Kendala dan Strategi Guru Matematika SMP dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_Yunda Victorina Tobondo_16709251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) keterlibatan guru SMP di Kabupaten Poso dalam PKB, (2) kendala yang dihadapi oleh guru matematika SMP di Kabupaten Poso dalam PKB, (3) strategi yang digunakan dalam mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru matematika SMP di Kabupaten Poso dalam PKB Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis fenomenologi dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Adapun partisipan yang terlibat berjumlah 46 orang guru matematika SMP di kabupaten Poso yang ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Keterlibatan guru dalam pelaksanaan PKB di kabpaten Poso masih kurang. (2) Kendala yang dialami adalah : a) kurangnya pengetahuan guru terkait pembuatan karya tulis; b) kurangnya informasi serta wadah untuk melaksanakan publikasi ilmiah; c) kurangnya keterampilan guru dalam mengoptimalkan teknologi; d) tidak ada jaringan internet untuk mengakses informasi yang menunjang pembelajaran; e) kurangnya dana; f) keterbatasan waktu, serta; g) kurangnya motivasi guru untuk berkembang. (3) strategi yang digunakan oleh beberapa guru untuk mengatasinya adalah: a) mencari tahu manfaat PKB guna meningkatkan motivasi; b) menambah pengetahuan dengan membaca beberapa literatur; c) meminta bantuan kepada rekan guru jika ada masalah; d) pihak sekolah mendatangkan tenaga profesional untuk membantu melatih kemampuan guru dalam mengoptimalkan teknologi; e) tidak menunda pekerjaan dan menyediakan waktu luang untuk menyelesaikan tugas-tugas sebagai guru matematika yang profesional; f) menyisihkan dana sertifikasi maupun gaji untuk kepentingan pengembangan diri; f) aktif mengikuti forum guru matematika; g) menjalin relasi lintas profesi dan daerah guna mempermudah guru dalam menerima informasi. Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), guru matematika, kendala guru dalam PKB, strategi guru dalam PKB

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:37
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61661

Actions (login required)

View Item View Item