UPAYA UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNALARAS MELALUI LATIHAN PENGELOLAAN PERIAKU

Tin, Suharmini (2001) UPAYA UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNALARAS MELALUI LATIHAN PENGELOLAAN PERIAKU. [Experiment/Research]

[img] Text
UPAYA_UNTUK_MENGURANGI_PERILAKU_HIPERAKTIF.doc

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses latihan pengelolaan perilaku yang dapat mereduksi perilaku hiperaktif, untuk mengetahui jenis reinforcement, proses pemberian reinforcement dan untuk mengetahui respon anak hiperaktif terhadap reinforcement dan sikap "assertive" yang diberikan guru. Subjek penelitian ini sebanyak2 orang siswa SLB/E PraYuwana Yogyakarta yang mempunyai ciri-ciri hiperaktif berusia 7-10 tahun. Untuk mengumpulkan data digunakan observasi dan wawancara, sedangkan untuk menganalisis data digunakan deskriptifkualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan "action research ". Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian im : a. Latihan pengelolaan perilaku dapat digunakan untuk mengurangi perilaku hiperaktif. Jems permainan, musik dan ketrampilan disesuaikan dengan minat dan kondisi subjek. Untuk menggunakan..dan menguatkan perilaku diperlukan reinforcement dan sikap assertive dari guru. b. Jenis reinforcement yang cocok pada subjek hipemktiftidak hanya dengan katakata verbal tetapi harus disertai sentuhan fisik. Kata-kata verba, abstrak tidak akan direspon subjek. c. Reinforcement diberikan segera setelah perilaku muncul secara konsisten. Reinforcement yang berwujud benda harus diperlihatkan secam langsung. Kata kunci : Pengelolaan Perilaku, Perilaku Hiperaktif

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 20 Sep 2012 12:06
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item