LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI GOLO

Ndaru, Praptiwi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SD NEGERI GOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU NDARU P.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbiming (PLT) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa. Program PLT Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester ganjil 2017 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY dalam meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar dalam mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memperluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuannya dalam proses pembelajaran sekolah dan mampu memecahkan permasalahan serta memahami perihal persekolahan. PLT dilaksanakan di SD Negeri Golo selama 2 bulan dimulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 pada periode semester ganjil. Pelaksanaan PLT dilakukan pada kelas I sampai dengan kelas V dengan jumlah siswa 307 orang. Pelaksanaan kegiatan PLT meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PLT ini meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah di laksanakan. Program PLT ini meliputi praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali yang dilaksanakan mulai tanggal 4 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 13 Oktober 2017. Dan praktik mengajar mandiri sebanyak empat kali yang dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 31 Oktober, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 3 November 2017 dan tanggal 7 November 2017. Praktik mengajar tembimbing, mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.Pada pelaksanaan PLT di SD Negeri Golo, praktikan mendapat kesempatan untuk mengampu kelas IA dan VB. Menurut konsultasi dengan guru pamong, praktikan sudah dapat menerapkan teori dan mengimplementasikan ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan. dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PLT, antara lain penyesuaian jadwal mengajar apabila guru kelas sedang ada halangan mengajar serta agenda acara di SD Negeri Golo yang padat. Melalui kegiatan ini, praktikan dapat lebih dekat dengan kehidupan sebagai guru di Sekolah Dasar dan memperoleh berbagai pengalaman yang dapat membantu untuk dapat beradaptasi saat memasuki dunia kerja di kemudian hari

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Mengajar, SD Negeri Golo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61639

Actions (login required)

View Item View Item