HAMBATAN PENYUSUNAN PROGRAM SATUAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SLTP KURIKULUM 1994

Tadkiroatun, Musfiroh and Maman, Suryaman and Hartono, . (1998) HAMBATAN PENYUSUNAN PROGRAM SATUAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SLTP KURIKULUM 1994. [Experiment/Research]

[img] Text
HAMBATAN_PENYUSUNAN_PROGRAM_SATUAN.doc

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hambatan-hambatan yang dialami oleh mahasiswa D-III PTM Pendidikan Bahasa clan Sastra Illdonesia IKIP Yogyakarta dalam menyusun Program Satuan Pembeiajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SLTP berdasarkatl kurikulum SLTP 1994. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan studi dokumentasi Program Satuan Pembelajaran yang dibuat mahasiswa. Dalam studi tersebut ditemukan tujuh buah PSP bernlasalah. Dengan demikian, ditemukan subjek penelitian sebanyak tujuh orang. Data diambil dengan tekllik observasi dan wawancara secara mendalam. Selanjutnya data Iersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pencapaian kredibilitas dilakukan dengan teknik pengumpulan data ganda dan diskusi antar peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan penyusunan Pn1gram Satuan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SLTP berdasarkan Kurikulum SLTP 1994 meliputi (1) hambatan akademis dan (2) hambatan non akademis. Hambatan akademis meliputi (a) pengetahuan kurikulum SLTP 1994, dan (2) hambatan pengetahuan materi perencanaan pengajaran. Hambatan nonakademis meliputi (a) minatJkemauan, (b) kebiiaksanaan sekolah dan instatlsi terkait, (c) beban kerja, dan (d) masalah pribadi.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 20 Sep 2012 11:49
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6163

Actions (login required)

View Item View Item