Analisis Kualitas Buku Teks Pelajaran Sosiologi SMA Kelas XI Bermuatan Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan ESIS

Nabila, Haniatin (2018) Analisis Kualitas Buku Teks Pelajaran Sosiologi SMA Kelas XI Bermuatan Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan ESIS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
THESIS HANIATIN NABILA.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas buku ajar Sosiologi Kelas XI bermuatan kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan Esis pada aspek kelayakan isi. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas buku ajar Sosiologi Kelas XI bermuatan kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan Esis pada aspek kelayakan penyajian. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas buku ajar Sosiologi Kelas XI bermuatan kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan Esis pada aspek kelayakan kebahasaan. 4) mendeskripsikan dan menganalisis kualitas buku ajar Sosiologi Kelas XI bermuatan kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan Esis pada aspek kelayakan kegrafikan. 5) Membandingkan tingkat kualitas buku ajar Sosiologi Kelas XI bermuatan kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, Yudhistira dan Esis ditinjau dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis konten deskriptif. Data yang digunakan adalah buku teks pelajaran Sosiologi SMA kelas XI penerbit dari Kemendikbud, Yudhistira, dan ESIS. Adapun panduan kriteria kualitas buku teks menggunakan kriteria standar penilaian kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas ketiga buku teks pelajaran Sosiologi berada pada kategori cukup baik. Hasil perolehan nilai kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikaan masing-masing buku teks adalah sebagai berikut. Buku teks terbitan Kemendikbud memperoleh nilai 377 dengan prosentase 76,6%, buku teks terbitan ESIS memperoleh nilai 352 dengan prosentase 71,5%, dan buku teks terbitan Yudhistira mendapat nilai 353 dengan prosentase 71,3%. Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut, buku teks terbitan Kemendikbud memiliki kualitas paling dibandingkan dengan kedua buku lain yaitu buku teks terbitan Yudhistira dan ESIS. Urutan untuk kualitas buku teks pelajaran Sosiologi tingkat SMA kelas XI berdasarkan Kurikulum 2013 adalah pertama adalah buku teks terbitan Kemendikbud, kedua adalah buku teks terbitan Yudhistira, dan ketiga adalah buku teks terbitan ESIS. Kata kunci: kualitas buku teks, Sosiologi, dan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:41
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61627

Actions (login required)

View Item View Item