Pengaruh Metode Latihan Acak dan Blok beserta Koordinasi terhadap Ketepatan Smash Bolavoli pada Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler SMA

Hidayat, Farid Nur (2018) Pengaruh Metode Latihan Acak dan Blok beserta Koordinasi terhadap Ketepatan Smash Bolavoli pada Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler SMA. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-farid nur hidayat-14711251096.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh metode latihan acak dan latihan blok terhadap peningkatan ketepatan smash bolavoli, dan (2) perbedaan pengaruh koordinasi tinggi dan koordinasi rendah terhadap peningkatan ketepatan smash bolavoli pada peserta kegiatan ekstrakurikuler SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di Kabupaten Bantul. Pengambilan sample menggunakan purposive random sampling dengan diikuti 30 siswa dari peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sewon dan 30 siswa dari peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Bantul. Pembagian kelompok diambil dari kelompok atas sebesar 27% dan kelompok bawah sebesar 27% dari total skor koordinasi setelah dirangking dan diperoleh sample sebanyak 38 siswa (Baumgarter, 2007: 463). Instrumen tes koordinasi mata, tangan, dan kaki diambil dari Baumgarter (2007: 343). Instrumen yang digunakan untuk tes smash yaitu Wall Spike Test dari Baumgarter (2007: 362). Analisis data menggunakan Kolmogorof-Smirnov Test untuk uji normalitas data. Uji homogenitas menggunakan Levene Statistics dan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistic parametric berupa analisis variansi dua jalur (Two-Way Anova). Pengujian lanjut menggunakan (Post-hoc test) dengan LSD (Least Square Difference). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan acak dan metode latihan blok terhadap peningkatan ketepatan smash bolavoli pada siswa. Peningkatan ketepatan smash siswa lebih tinggi dengan dilatih menggunakan metode latihan acak daripada metode latihan blok. 2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok koordinasi tinggi dan koordinasi rendah terhadap peningkatan ketepatan smash. Siswa yang memiliki koordinasi tinggi memiliki peningkatan ketepatan smash yang lebih baik daripada siswa yang memiliki koordinasi rendah. Kata kunci: metode latihan, koordinasi, ketepatan smash bolavoli, siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:14
Last Modified: 06 Jan 2022 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61625

Actions (login required)

View Item View Item