Model Pembelajaran pada Paduan Suara Anak Vocalista Angels di Kabupaten Klaten dan Relevansinya bagi Pendidikan Karakter untuk Anggota

Samosir, Tanesya Hotris (2018) Model Pembelajaran pada Paduan Suara Anak Vocalista Angels di Kabupaten Klaten dan Relevansinya bagi Pendidikan Karakter untuk Anggota. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TANESYA HOTRIS SAMOSIR_16724251050.com.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan latihan Paduan Suara Anak (PSA) Vocalista Angels di Kabupaten Klaten. Kemudian, menganalisis dan mendeskripsikan relevansinya bagi pendidikan karakter untuk anggota PSA Vocalista Angels. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Latar penelitian ini adalah sanggar PSA Vocalista Angels di Jl. Seruni no. 9 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Informan dalam penelitian ini adalah Yason selaku pendiri dan pelatih utama, serta Yoyo dan Wiwid, selaku asisten pelatih. Sumber data penelitian ini diperoleh observasi pelaksanaan latihan rutin dan lokasi penelitian, wawancara mendalam terhadap informan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran yang digunakan model informasi dan model interaksi sosial; (2) pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah teacher centered approach; (3) strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung; (4) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, metode diskusi, metode tugas dan resitasi, serta metode drill. Kemudian, relevansinya bagi pendidikan karakter untuk anggota terkandung dalam nilai-nilai karakter sebagai berikut: (1) religius; (2) disiplin; (3) kerja keras; (4) mandiri; (5) rasa ingin tahu; (6) bersahabat dan komunikatif; dan (7) tanggung jawab. Kata Kunci: model pembelajaran, paduan suara anak, Vocalista Angels, pendidikan karaker.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:22
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61621

Actions (login required)

View Item View Item