PEMAHAMAN TENTANG PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PENGAJARAN PECAHAN OLEH MAHASISWA PGSD IKIP YOGYAKARTA

T. Wakiman, . and Suyatinah, . (1998) PEMAHAMAN TENTANG PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PENGAJARAN PECAHAN OLEH MAHASISWA PGSD IKIP YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
PEMAHAMAN_TENTANG_PENGGUNAAN_ALAT_PERAGA.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat peruahaman tentang penggunaan alat peraga dalam pengajaran pecahan di SD Mahasiswa PGSD IKIP Yogyakarta, dan (2) adatidaknya perbedaan pemahaman tentang penggunaan alat peraga dalam pengajaran pecahan di SD antara mahasiswa yang berasal dari SPG dan yang berasal bukan dari SPG. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa PGSD D-II Guru Kelas FIP IKIP Yogyakarta angkatan tahun 1995 sebanyak 198 orang. Penentuan sampel dengan teknik Quota Proporsional Randofu Sampling. Sesar sampel kira-kira 25% dari populasi yaitu 51 orang. Teknik pengumpulan data deligan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berdasarkan persentase untuk mengetahui tingkat pemahaman dan Uji-t Antar Kelompok untuk mengetahui perb~- naan pemahaman. Kesimpulan dari hasil analisis data menunjukkan, bahwa (1) mahasiswa PGSD pad a umumnya memiliki pemahaman yang rendah tentang penggunaan alat peraga dalam pengajaran pecahan. Persentase mahasiswa PGSD yang memliki pemahaman rendah tersebut berkisar dari 58,82% (aspek konsep pecahan) sampai 94,12% (aspek pembagian pecahan), dan (2) secara keseluruhan tidak ada perbedaan pemahaman tentang penggunaan alat peraga daiam pengajaran pecahan antara mahasiswa PGSD asal SPG dan mahasiswa PGSD asal selain SPG. Hanya pada aspek pembagian pecahan, mahasiswa PGSD asal SPG memiliki pemahaman yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa PGSD yang asalnya selain SPG.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 20 Sep 2012 11:44
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item