Analisis Makna Nilai-Nilai Edukatif dan Implementasi Nyanyian Senjang Petuoh di Sanggar Senjang Budayo Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Purnamasari, Ayu Rachma (2018) Analisis Makna Nilai-Nilai Edukatif dan Implementasi Nyanyian Senjang Petuoh di Sanggar Senjang Budayo Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
AYU RACHMA 16724251012.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui bentuk lagu nyanyian senjang petuoh lame, (2) mengetahui makna nilai-nilai edukatif nyanyian senjang petuoh lame di sanggar senjang budayo Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, (3) mengetahui implementasi nyanyian senjang petuoh lame di Sanggar Senjang Budayo Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan pisau analisis hermeneutika Paul Riceur, dan menggunakan metode etnografi. Penelitian ini dilakukan di lingkungan masyarakat Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah penulis lagu Senjang Petuoh Lame dan peserta didik di Sanggar Senjang Budayo Sekayu. Objek dalam penelitian ini adalah lagu Senjang Petuoh Lame dan situasi ilmiah peserta didik di Sanggar Senjang Budayo Sekayu. Sember data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di masyarakat Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan dan tindakan serta sikap peserta didik di Sanggar Senjang Budayo Sekayu selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen lagu-lagu senjang lainnya di Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin yaitu lagu daerah senjang dan buku adat budaya di Kabupaten Musi Banyuasin. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti kualitatif/etnografer berfungsi sebagai "human instrument" yang bertanggung jawab terhadap fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data menganalisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu senjang petuoh lame sangat erat kaitannya dengan budaya masyarakat Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Lagu tersebut mengandung makna nilai-nilai edukatif tentang sikap sopan santun, kerja keras, tanggung jawab, tolong menolong, ketuhanan, disiplin, dan larangan narkoba. Nilai-nilai tersebut diimplementasikan di Sanggar Senjang Budayo Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. hasil implementasi lagu senjang petuoh lame menunjukkan bahwa peserta didik telah mencerminkan sikap sopan santun, kerja keras, tanggung jawab, tolong menolong, ketuhanan, disiplin, dan larangan narkoba agar tidak sengsara dikemudian hari. Kata kunci: lagu senjang petuoh lame, nilai edukatif, makna, implementasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:01
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61597

Actions (login required)

View Item View Item