Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Matematika Materi Statistika Siswa SMP Berdasarkan Kurikulum 2013

Hidayati, Kana (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Matematika Materi Statistika Siswa SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. S3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
disertasi-kana hidayati-11701261010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian yang dapat mengukur dengan tepat pencapaian kompetensi matematika siswa SMP untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada materi statistika berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian pengembangan ini meliputi tiga tahapan yaitu menyusun instrumen awal, uji coba, dan interpretasi hasil uji coba. Penyusunan instrumen awal memuat deskripsi implementasi kegiatan penyusunan instrumen. Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgment. Uji coba dilakukan untuk memperoleh bukti kualitas instrumen secara empiris. Interpretasi hasil uji coba merupakan tahapan untuk menentukan perlu tidaknya revisi dan uji coba lanjut. Subjek uji coba adalah siswa SMP N 5 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Responden uji coba pertama sebanyak 688 siswa dan uji coba kedua sebanyak 696 siswa. Validitas konstruk untuk instrumen penilaian aspek sikap diperoleh melalui Lisrel menggunakan second order CFA, sedangkan untuk instrumen penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh melalui Lisrel menggunakan first order CFA. Karakteristik butir pada instrumen penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh melalui Parscale menggunakan IRT Politomus GPCM. Reliabilitas instrumen meliputi koefisien Omega (ω) yang dihitung berdasarkan nilai λ dari Lisrel dan koefisian Alpha dengan SPSS. Berdasarkan penelitian dihasilkan: (a) instrumen penilaian aspek sikap berupa skala untuk mengukur karakter jujur siswa berbentuk penskalaan subjek, skala untuk mengukur karakter tanggung jawab siswa berbentuk penskalaan subjek, dan skala sikap matematis berbentuk penskalaan respons, dan (b) instrumen penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan berupa tes uraian dan tugas proyek. Keseluruhan instrumen secara teoretis dan empiris terbukti berkualitas baik. Kesesuaian butir dengan indikator pada keseluruhan instrumen adalah baik dengan indeks V Aiken sebesar 0,88–1,00 dan indeks keselarasan tes sebesar 0,93. Skala untuk mengukur karakter jujur, karakter tanggung jawab, dan sikap matematis memiliki validitas konstruk dan reliabilitas berkategori baik dengan koefisien Omega masing-masing sebesar 0,86, 0,89, dan 0,81. Tes dan tugas memiliki validitas konstruk dan reliabilitas berkategori baik dengan koefisien Alpha sebesar 0,78 untuk tes dan 0,70 untuk tugas. Seluruh butir tes dan tugas berkategori baik dengan daya beda sebesar 0,31-2,01 dan indeks kesukaran sebesar -2,33 sampai -0,47 untuk tes, daya beda sebesar 0,46–1,11 dan indeks kesukaran sebesar -2,01 sampai -0,91 untuk tugas. Tes memberikan informasi akurat pada theta sebesar -3,0 sampai 0,8, sedangkan tugas pada theta sebesar -3,0 sampai 0,5. Kata kunci: instrumen, penilaian, stastistika, SMP, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:18
Last Modified: 10 May 2021 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61585

Actions (login required)

View Item View Item