Sistem Pendidikan Calon Guru Tata Busana: Perspektif Para Akademisi dan Praktisi

Hidayati, Lutfiyah (2018) Sistem Pendidikan Calon Guru Tata Busana: Perspektif Para Akademisi dan Praktisi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-lutfiyah hidayati-11702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk konsepsi sistem pendidikan calon guru tata busana dari perspektif para akademisi dan praktisi, ditinjau dari: (1) input pendidikan calon guru tata busana; (2) proses pendidikan calon guru tata busana; (3) output pendidikan calon guru tata busana; dan (4) bangunan sistem pendidikan calon guru tata busana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tradisi Grounded Theory. Setting penelitian di UNJ, UNY, dan Unesa di program studi S1 Pendidikan Tata Busana, SMK Negeri kompetensi keahlian tata busana di Surabaya, Yogyakarta dan Sidoarjo, serta lembaga kursus tata busana, rumah mode dan butik di Surabaya dan Yogyakarta. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan sebanyak (13) orang terdiri atas akademisi dan praktisi di bidang tata busana. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret 2015 hingga Februari 2018. Instrumen penelitian adalah peneliti yang didukung pedoman wawancara, catatan lapangan, dan alat perekam suara. Keabsahan data penelitian meliputi credibility, dependability dan confirmability. Analisis data dilakukan secara induktif dalam konteks grounded theory, terdiri atas tiga tahap yaitu open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian berupa konsepsi sistem pendidikan calon guru tata busana berdasarkan perspektif para akademisi dan praktisi yang mencakup input, proses dan output. Komponen input meliputi lulusan Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan yang telah memahami misi dan tujuan LPTK Tata Busana; sistem rekrutmen, dan program matrikulasi. Komponen proses meliputi penguasaan kompetensi bidang studi tata busana dan kompetensi pedagogik, sebagai fondasi yang kukuh untuk kegiatan magang di lembaga pendidikan formal/non formal dan di dunia industri busana, dan pembuatan karya busana serta penulisan karya ilmiah. Output pendidikan calon guru tata busana adalah lulusan yang memiliki kompetensi yang memenuhi syarat untuk dikembangkan baik dalam karir keguruan maupun non-keguruan (profesional). Sistem yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sistem pendidikan calon guru tata busana berbasis pengalaman. Kata Kunci: sistem pendidika calon guru, Guru tata busana, Pengalaman

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:38
Last Modified: 18 Aug 2022 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item