Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa SMK Pariwisata Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Yogyakarta

Makhbubi, Akhmad (2018) Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa SMK Pariwisata Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Akhmad Makhbubi - 15719251002-compressed.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke pendidikan tinggi yaitu status ekonomi orangtua, lingkungan belajar di sekolah, lingkungan teman sebaya dan peluang masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Pariwisata di kota Yogyakarta kelas XI dengan pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan responden sebanyak 165 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan regresi serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh status ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pariwisata, 2) terdapat pengaruh lingkungan belajar disekolah terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pariwisata, 3) terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pariwisata dan 4) terdapat pengaruh peluang masa depan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pariwisata. 5) Secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh status ekonomi orang tua, lingkungan belajar disekolah dan lingkungan teman sebaya serta peluang masa depan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pariwisata. Kata Kunci : status ekonomi orang tua, lingkungan belajar di sekolah, lingkungan teman sebaya, peluang masa depan, motivasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Date Deposited: 30 Nov 2018 03:59
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61541

Actions (login required)

View Item View Item