Pengembangan Moral Anak Usia Dini pada Masyarakat Marginal di Kampung Srirahayu Karangklesem Purwokerto

Atika, Ayu Rissa (2018) Pengembangan Moral Anak Usia Dini pada Masyarakat Marginal di Kampung Srirahayu Karangklesem Purwokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis ayu rissa atika.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan perkembangan moral anak usia dini pada masyarakat marginal di kampung Srirahayu Karangklesem Purwokerto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Penelitian ini terdiri dari 6 orang tua, 6 anak usia dini, dan 1 pendidik TPA Kampung Srirahayu Karangklesem Purwokerto. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi. Data penelitan ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan validitas trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan moral anak usia dini pada kaum marginal di Kampung Srirahayu Karangklesem Purwokerto mencakup aspek materi, pendidik, metode, dan evaluasi. Materi moral yang dikembangkan meliputi mengucapkan doa-doa pendek, menyayangi dan memelihara ciptaan Tuhan, mulai menirukan gerakan-gerakan doa/sholat yang dilaksanakan orang dewasa, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, melaksanakan ibadah sesuai agama, mengenal sopan santun dan berterimakasih, mengucap salam bila bertemu orang lain. Pendidik dalam hal ini adalah orang tua dan pendidik TPA tetapi sudah dapat menjadi teladan bagi anak-anak hanya pendidik TPA saja. Metode pengembangan moral menggunakan metode pembiasaan,keteladanan, serta reward and punishment. Evaluasi hanya dilakukan oleh Pendidik TPA saja dengan menggunakan tes setoran hafalan doa-doa sehari-hari, hadist-hadist sederhana, dan iqra. Perkembangan moral anak usia dini pada kaum marginal di kampung Srirahayu telah sesuai tahapan perkembangan. Faktor yang mendorong meliputi: (a) Adanya Taman Pendidikan Alqur’an (TPA), (b) anak usia dini di Kampung Srirahayu mengikuti kegiatan TPA, (c) larangan keras dari orang tua kepada anak agar tidak bergaul dengan anak yang putus sekolah. Kata Kunci: pengembangan moral, kaum marginal

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 29 Nov 2018 04:17
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61513

Actions (login required)

View Item View Item