Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Pada Mata Kuliah Microteaching Tahun Ajaran 2017/2018

Oktamarsetyani, Wahyu (2018) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Pada Mata Kuliah Microteaching Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu oktamarsetyani-16725251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan biologi semester 6 tahun ajaran 2017/2018 yang seluruh anggota populasinya dijadikan sampel dengan jumlah 120 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa soal tes tertulis dan instrumen non tes berupa lembar observasi dokumen rencana pembelajaran dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan TPACK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK mahasiswa pendidikan biologi masuk pada kriteria kurang berdasarkan hasil observasi dokumen rencana pembelajaran dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran serta memiliki kemampuan TPACK yang cukup ditinjau dari hasil tes tertulis mengenai pengetahuan TPACK. Kata Kunci: Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), mahasiswa pendidikan biologi, microteaching

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:52
Last Modified: 07 Mar 2023 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61507

Actions (login required)

View Item View Item