Pengembangan Model Program Tahunan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kurniawan, Fandy (2018) Pengembangan Model Program Tahunan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fandy kurniawan-16713251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan model program tahunan bimbingan dan konseling, (2) mengetahui tingkat kelayakan program tahunan bimbingan dan konseling di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas sebelas Maret berdasarkan penilaian ahli. (3) mengetahui perbedaan hasil pengembangan program tahunan bimbingan dan konseling di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret berdasarkan Inventori Tugas Perkembangan Perguruan Tinggi (ITP PT) dan Alat Ungkap Masalah Umum Perguruan Tinggi (AUM UMUM PT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan ini mengacu pada prosedur Borg and Gall. Dua kelompok subyek validasi program dalam penelitian dan pengembangan ini adalah dua validator ahli yang berkompeten dalam program bimbingan dan konseling, serta praktisi bimbingan dan konseling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli, kuesioner validasi praktisi, dan pedoman focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan model program tahunan bimbingan dan konseling di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Program tahunan bimbingan dan koseling memiliki struktur sebagai berikut: (1) rasional, (2) visi dan misi, (3) deskripsi kebutuhan, (4) tujuan, (5) bidang, (6) rencana operasional atau action plan, (7) pengembangan tema atau topik, (8) evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, (9) sarana dan prasarana, dan (10) jadwal pelaksanaan. Hasil uji ahli disimpulkan bahwa produk telah layak karena telah memenuhi validitas isi sebesar 0,76 atau dapat dikategorikan valid (baik). Kemudian penggunaan kedua instrumen tersebut ternyata menghasilkan data kebutuhan mahasiswa yang berbeda, sehingga rancangan program tahunan Bimbingan dan Konseling juga berbeda meskipun kedua instrumen tersebut diisi oleh mahasiswa atau subjek yang sama. Produk disempurnakan dengan melakukan perbaikan-perbaikan dari beberapa kritik dan saran yang diberikan oleh ahli. Kata Kunci: model program tahunan, bimbingan dan konseling, perguruan tinggi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:22
Last Modified: 26 Oct 2022 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61502

Actions (login required)

View Item View Item