PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN

Meilinawati, Meilinawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah_skripsi_Meilinawati_14520241026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ semester gasal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dapat meningkatkan kolaborasi antar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kolaborasi antar siswa dari rata-rata persentase pada siklus I dari pertemuan 1 sebesar 68,42%, mengalami peningkatan pada pertemuan 2 menjadi 70,55%. Siklus II pada pertemuan 1 rata-rata persentase sebesar 77,2% dan meningkat pada pertemuan 2 siklus II sebesar 80,5%. Perolehan rata-rata persentase kolaborasi siswa untuk tiap siklus meningkat dari siklus I persentase kolaborasi antar siswa yaitu 70,55%, sedangkan pada siklus II persentase kolaborasi antar siswa yaitu 78,85%.. Terbukti bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kolaborasi antar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: project based learning, kolaborasi, komputer dan jaringan dasar, penelitian tindakan kelas
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61478

Actions (login required)

View Item View Item