MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN

Sudiratna, Dita Halimatuzzakiya (2018) MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dita Halimatuzzakiya_PTI_14520241032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) membuat media pembelajaran perakitan komputer mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk siswa kelas X jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Godean. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran media pembelajaran komputer dan jaringan dasar standar kompetensi perakitan komputer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cyrcle (MDLC) oleh Luther, dengan tahapan pertama yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), distribusi (distribution). Media pembelajaran diuji oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan seluruh siswa kelas X Multimedia SMK N 1 Godean. Instrumen Penelitian menggunakan metode angket. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif melalui teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa : (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang berisikan materi perakitan komputer, latihan soal dan simulasi. (2) uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan hasil 84,29 % termasuk dalam kategori Layak, pengujian oleh ahli media mendapatkan hasil 90,00 % termasuk dalam kategori Sangat Layak, pengujian oleh siswa/responden memperoleh hasil 81,55% termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Perakitan Komputer layak digunkan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, perakitan komputer, multimedia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61446

Actions (login required)

View Item View Item