Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Quipper School pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Manajemen Pembelajaran Dan Literasi Sains Siswa Di Kelas X

Khairani, Miftahul (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Quipper School pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Manajemen Pembelajaran Dan Literasi Sains Siswa Di Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-miftahul khairani-16725251047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan bahan ajar berbasis Quipper School pada materi perubahan lingkungan yang digunakan dalam proses pembelajran untuk kelas X; (2) respon dari guru dan peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis Quipper School; (3) peningkatan manajemen pembelajaran guru dengan menggunakan bahan ajar berbasis Quipper School; dan (4) mengetahui peningkatan Literasi Sains peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis Quipper School. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta dan SMA Negeri 6 Yogyakarta, Kelas X semester II, Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan berupa metode Design and Development Research dengan tahap pengembangan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan; development, validation internal, valiadtion eksternal, dan use. Populasi penilitian sebanyak 114 peserta didik. Desain uji coba yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan prete- post-tes control group desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa penilaian kelayakan bahan ajar oleh: seorang ahli materi, seorang ahli media, dan dua guru mata pelajaran Biologi. Instrumen pengumpulan data adalah soal literasi sains, angket respon peserta didik, dan angket manajemen pembelajaran guru. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis uji indepent sampel T-Test.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berbasis Quipper School layak digunakan sebagai bahan ajar; (2) respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar berbasis Quipper School dalam pembelajaran positif; (3) guru menyatakan dengan pengguanakan bahan ajar berbasis Quipper School dapat meningktkan manajemen pembelajaran; dan (4) hasil literasi sains peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar berbasis Quipper School mengalami peningkatan. Kata kunci: literasi, manajemen, pembelajaran, Quipper School, sains

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:39
Last Modified: 07 Mar 2023 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61433

Actions (login required)

View Item View Item