Efektifitas Model Pembelajaran Project- Based Learning dan Problem-Based LearningUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Ditnjau dari Locus of Control Siswa di SMA Negeri Ngaglik, DIY

Sari, Nur Hafidah Yuniar (2018) Efektifitas Model Pembelajaran Project- Based Learning dan Problem-Based LearningUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Ditnjau dari Locus of Control Siswa di SMA Negeri Ngaglik, DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
NUR HAFIDAH-TESIS-16727251008-FIX.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Perbedaan efektifitas penerapan model pembelajaran PJBL dan PBL untuk meningkatkan hasil belajar geografi. (2)Perbedaan efektivitas hasil belajar geografi antara siswa yang menerapkan model PjBL dan PBL pada kelompok LoC Introvert. (3)Perbedaan efektivitas hasil belajar geografi antara siswa yang menerapkan model PjBL dan PBL pada kelompok LoC ekstrovert. (4)Interaksi antara model pembelajaran dan LoC terhadap hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yaitu eksperimen, desain faktorial 2x2.Variabel terikatnya hasil belajar, variabel bebasnya model pembelajaran, dan variabel kontrolnya locus of control. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMA Negeri Ngaglik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu 60 siswa, terdiri dari 28 siswa XI IPS 1, kelompok eksperimen model PjBL dan 32 siswa XI IPS 2, kelompok eksperimen model PBL. Sampel penelitian berasal dari dua sekolah yakni SMA Negeri 1 Ngaglik dan SMA Negeri 2 Ngaglik. Instrumen pengumpulan data yaitu angket LoC dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Two-Way Anova, Uji T-Tes, pada taraf signifikasi α = 0,05. Efektifitas diukur menggunakan N-Gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)Terdapat perbedaan efektifitas antara model pembelajaran PjBL dan PBL untuk meningkatkan hasil belajar geografi (Fhit: 6.746>Ftabel: 4.00), Model PjBL lebih efektif meningkatkan hasil belajar geografi, N-Gain: 0.4009 atau kategori sedang. (2)Tidak terdapat perbedaan efektifitas hasil belajar geografi antara siswa yang menerapkan model PjBL dan PBL pada kelompok LoC Introvert (Thitung: 0.069<Ttabel: 4.00). Kelompok LoC introvert efektif diberikan perlakuan baik dengan model pembelajaran PjBLdan PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa, N-Gain: 0.2690 dan 0.164 atau kategori efektifitas rendah. (3)Terdapat perbedaan efektifitas hasil belajar geografi antara siswa yang menerapkan model PjBL dan PBL pada kelompok LoC ekstrovert (Thitung: 4.848>Ttabel: 4.00). Kelompok LoC ekstrovert lebih efektif diberikan perlakuan dengan model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa,N-Gain: 0.4863 atau kategori efektifitas sedang. (4)Terdapat interaksi antara model dan locus of control terhadap hasil belajar (Fhit.6.096>Ftabel 4.00). Kata Kunci:Project-Based Learning,Problem-Based Learning, Locus of Control,dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:31
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61388

Actions (login required)

View Item View Item