Pengaruh Metode Latihan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Dalam Permainan Sepakbola(Studi Eksperimen Pengaruh LatihanBagiandan Keseluruhan dengan Kelincahan pada Pemain Badai Samudera FC Karumbu Kabupaten Bima Usia 13-17 Tahun)

Arham, M. Lubis (2018) Pengaruh Metode Latihan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Dalam Permainan Sepakbola(Studi Eksperimen Pengaruh LatihanBagiandan Keseluruhan dengan Kelincahan pada Pemain Badai Samudera FC Karumbu Kabupaten Bima Usia 13-17 Tahun). S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_M. Lubis.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode bagian dan keseluruhan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, (2) perbedaan pengaruh bagi pemain yang memiliki kelincahan tinggi dan kelincahan rendah, dan (3) interaksi yang signifikan antara metode bagian dan metode keseluruhan serta kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada pemain Badai Samudera FC Karumbu Kabupaten Bima usia 13-17 tahun. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah 37 pemain Badai Samudera FC Karumbu Kabupaten Bima usia 13-17 tahun. Sampel penelitian ini 20 atlet yang ditentukan dengan teknik random sampling. Variabelpenelitianiniterdiridaritigavariabel: (1) variabelindependent yakni metode latihan (metode bagian dan metode keseluruhan), (2) variabel atribut yakni kelincahan,dan (3) variabel dependentyakni keterampilan teknik dasar sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS 20 yaitu dengan menggunakan ANOVA dua jalur (ANOVA two-way) pada taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji ANOVA diperoleh hasil bahwa F = 13.881, sedangkan nilai signifikansi p sebesar 0,001. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,001< 0,05, berarti Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan bagian dan keseluruhan terhadap keterampilan teknik dasardalam permainan sepakbola pada pemain Badai Samudra FC Karumbu Kabupaten Bima usia 13-17 tahun.Berdasarkan hasil uji ANOVA diperoleh hasil bahwa F hitung = 0,316, sedangkan nilai signifikansi p sebesar 0,575. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,575 > 0,05, berarti Ho diterima. Berdasarkan hal ini berarti tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan kemampuan kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap keterampilan teknik dasardalam permainan sepak bola pada pemain Badai Samudra FC Karumbu Kabupaten Bima usia 13-17 tahun. Berdasarkan hasil uji ANOVA diperoleh hasil bahwa F = 369,961, sedangkan nilai signifikansi p sebesar 0,001. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,001< 0,05, berarti Ho ditolak. Berdasarkan hal ini terdapat interaksi yang signifikan antara metode latihan bagian dan keseluruhan dengan kelincahan tinggi dan rendah terhadap keterampilan teknik dasar dalam permainan sepakbola pada pemain Badai Samudera FC Karumbu Kabupaten Bima usia 13-17 tahun. hitung Kata Kunci: metode latihan, kelincahan, keterampilan teknik dasar sepakbola. hitung

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 23 Nov 2018 06:37
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61368

Actions (login required)

View Item View Item