Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pengalaman Prakerin, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Peran Guru terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Buol

Nurhuda, Nurhuda (2018) Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pengalaman Prakerin, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Peran Guru terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Buol. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhuda-16702251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) status sosial ekonomi terhadap minat berwirausaha siswa; (2) pengalaman Prakerin terhadap minat berwirausaha siswa; (3) pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa; (4) peran guru terhadap minat berwirausaha siswa; (5) status ekonomi sosial, pengalaman prakerin, pengetahuan kewirausahaan, dan peran guru secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Buol yang berjumlah 160 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 113 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif variabel, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis penelitian. Analisis data ini diolah menggunakan software SPSS versi 22. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap minat berwirausaha dengan sumbangan efektifnya sebesar 0,8%; (2) Terdapat pengaruh pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa dengan sumbangan efektifnya sebesar 24%; (3) terdapat pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa dengan sumbangan efektifnya sebesar 6,6%; (4) terdapat pengaruh peran guru terhadap minat berwirausaha siswa dengan sumbangan efektifnya sebesar 10,3%; dan (5) terdapat pengaruh status ekonomi sosial, pengalaman prakerin, pengetahuan kewirausahaan, dan peran guru secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa dengan sumbangan efektif sebesar 41,8%. Kata Kunci: status sosial ekonomi, pengalaman prakerin, pengetahuan kewirausahaan, peran guru, minat berwirausaha

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 23 Nov 2018 03:26
Last Modified: 18 Aug 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61365

Actions (login required)

View Item View Item