Evaluasi Pola Pengelolaan Keuangan Unit Produksi Pada Program SMK Rujukan Dengan Model Adversary Di Provinsi Di Yogyakarta

Astuti, Ambar Wahyu (2018) Evaluasi Pola Pengelolaan Keuangan Unit Produksi Pada Program SMK Rujukan Dengan Model Adversary Di Provinsi Di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ambar wahyu astuti-15702251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program SMK Rujukan dan mengetahui bentuk perlindungan hukum pengelolaan keuangan unit produksi SMK Rujukan di wilayah Provinsi DI. Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan permasalahan pengelolaan keuangan unit produksi di SMK Rujukan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model adversary. Evaluasi adversary berupaya untuk mengungkap semua aspek yang penting dari program yang dievaluasi. Data kondisi pengelolaan keuangan unit produksi SMK Rujukan diperoleh dari 5 SMK Provinsi DI. Yogyakarta, meliputi SMKN 2 Depok, SMKN 6 Yogyakarta, SMKN 2 Wonosari, SMKN 1 Kalasan, dan SMKN 2 Sewon. Masukan yang bersifat kualitatif diperoleh dari pertemuan yang diselenggarakan antara Pengelola Unit Produksi SMK Rujukan dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DI. Yogyakarta Selanjutnya masukan lainnya diperoleh dari hasil Focus Group Discussion yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DI Yogyakarta dengan narasumber Kepala SMKN 2 Pengasih, Widyaiswara Bidang Kejuruan, dan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi DI Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 SMK yang diteliti, baru ada 1 SMK yang memiliki pola pengelolaan keuangan unit produksi yang memadai, sedangkan 4 SMK lainnya belum memadai. Bentuk perlindungan terhadap pengelolaan keuangan unit produksi bagi SMK di wilayah Provinsi DI. Yogyakarta belum ditetapkan. Dari 5 sekolah yang diteliti belum ada sekolah yang telah menerapkan pola pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kata kunci: pola pengelolaan keuangan, unit produksi, program SMK Rujukan, model adversary.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 21 Nov 2018 01:43
Last Modified: 16 Aug 2022 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61340

Actions (login required)

View Item View Item