Karakteristik Belajar Mahasiswa Jurusan pendidikan Bahasa Daerah FPBS IKIP Yogyakarta

Suwardi, . and Hesti Mulyani, . (1998) Karakteristik Belajar Mahasiswa Jurusan pendidikan Bahasa Daerah FPBS IKIP Yogyakarta. [Experiment/Research]

[img] Text
Karakteristik_Belajar_Mahasiswa.doc

Download (27kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap karakteristik belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS IKIP Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuali tatif naturalistik. Informan ditentukan berdasarkan kriteria seleksi sederhana. "Setting" penelitian di luar kelas. Pengumpulan data melalui pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan simpulan. Teknik pencapaian kredibilitas adalah dengan pengamatan terus-menerus, triangulasi, check-recheck, peer debriefing (yakni dengan konsultasi kepada pembimbing), dan member-check (mengulangi setiap akhir wawancara, agar diperiksa responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik belajar mahasiswa Jurusan pendidikan Bahasa Daerah FPBS IKIP Yogyakarta, mempunyai tiga kelompok utama yaitu:(1) Belajar kelompok dan individual; (2) Belajar dengan mengidentifikasi karakter dosen; (3) Belajar berpedoman soal dan catatan. Dari tiga pola belajar ini terungkap: Pertama, dalam mengerjakan tugas kelompok, ada yang dilaksanakan dengan pembagian kerja dan ada yang dilakukan oleh mahasisa tertentu saja. Umunya, pembagian kerja belum berjalan dengan baik, karena ada anggota belum memahami benar tugas masing-masing. Mahasiswa menyarankan agar mereka diberi tugas individual saja. Kedua, pola belajar mahasiswa umumnya menyesuaikan dengan karakter dosen, baik sebagai tim maupun individual. Dosen tim lebih menguntungkan mahasiswa dalam hal variasi belajar sehingga tidak jenuh. Namun, mahasiswa merasa Iebih suI it belajar untuk menghadapi dosen time Ketiga, poia belajar berpedoman soal terdahulu yang diperoleh dari ternan dan kakak kelas memudahkan mahasiswa mempelajari materi perkuliahan. Sedangkan pola belajar yang berpedoman pada catatan, memungkinkan mahasiswa menentukan materi yang dimungkinkan keluar dalam ujian.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Sep 2012 09:42
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6134

Actions (login required)

View Item View Item