Efektivitas bodyweight training dengan dan tanpa menggunakan (Electrical Muscle Stimulation) EMS terhadap penurunan berat badan, persentase lemak, dan lingkar badan pada wanita overweight

Kristi, Priska Dyana (2018) Efektivitas bodyweight training dengan dan tanpa menggunakan (Electrical Muscle Stimulation) EMS terhadap penurunan berat badan, persentase lemak, dan lingkar badan pada wanita overweight. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-priska dyana kristi-15711251053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bodyweight training (BWT) dengan dan tanpa menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) terhadap penurunan berat badan, persentase lemak, dan lingkar badan pada wanita overweight. Metode penelitian ini adalah eksperimen two group pretest-posttest design dengan membagi dua kelompok, yakni kelompok perlakuan BWT dengan EMS yang bertempat di studio 20Fit Jogja dan kelompok lain diberi perlakuan BWT tanpa EMS yang bertempat di Fitness Center GOR UNY. Penelitian ini dilakukan selama 16 kali pertemuan, dengan frekuensi latihan 2 kali seminggu untuk BWT dengan EMS dan 3 kali dalam seminggu untuk BWT tanpa EMS. Subjek penelitian adalah mahasiswa, wanita karir, dan ibu pasca melahirkan berusia 25 – 35 tahun. Terdapat 20 orang yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel. Adapun kriteria pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu wanita tidak dalam kondisi hamil dan tidak mempunyai riwayat penyakit jantung dan cedera sendi, BMI > 25,0 (kg/m 2 ), persentase lemak 25,0 – 27,0%, lingkar perut > 80 cm. Instrumen pengumpulan data menggunakan pita ukur, skinfold caliper, dan timbangan digital. Uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s Test. Teknik analisis data menggunakan SPSS 21.0 untuk mengetahui pengaruh terhadap masing-masing variabel menggunakan t-test dan untuk mengetahui tingkat keefektifan latihan menggunakan independent test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok BWT dengan EMS lebih efektif daripada BWT tanpa EMS terhadap penurunan berat badan, dengan selisih rata-rata sebesar 3,75. Kelompok BWT tanpa EMS lebih efektif daripada BWT dengan menggunakan EMS terhadap penurunan persentase lemak, dengan selisih rata-rata sebesar 0,911. Kelompok BWT dengan EMS lebih efektif daripada BWT tanpa EMS terhadap penurunan lingkar lengan, dengan selisih ratarata sebesar 1,20. Kelompok BWT dengan EMS lebih efektif daripada BWT tanpa EMS terhadap penurunan lingkar pinggang, dengan selisih rata-rata sebesar 3,505. Kelompok BWT dengan EMS lebih efektif daripada BWT tanpa EMS terhadap penurunan lingkar panggul, dengan selisih rata-rata sebesar 1,90. Kelompok BWT dengan EMS lebih efektif daripada BWT tanpa EMS terhadap penurunan lingkar paha, dengan selisih rata-rata sebesar 1,40. Kata Kunci: bodyweight training, Electrical Muscle Stimulation.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:02
Last Modified: 06 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61328

Actions (login required)

View Item View Item