Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Dan Keilmuan Di SMAN 2 Bantul

Wibowo, Bayu Ananto (2018) Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Dan Keilmuan Di SMAN 2 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS FULL.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui. (1) Implementasi model pembelajaran berbasis riset di SMAN 2 Bantul sebagai inovasi pembelajaran kurikulum 2013, (2) Implementasi model pembelajaran berbasis riset pada pembelajaran Sejarah di SMAN 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di SMAN 2 Bantul. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru sejarah, dan peserta didik. Data yang yang diperoleh dalam penelitian adalah berupa informasi langsung dari subjek, hasil observasi dan fakta-fakta dokumen di lapangan yang sesuai dengan fokus penelitian. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah peneliti sendiri. Proses pengujian keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi triangulasi dan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) model pembelajaran berbasis riset dapat menjadi role model bagi sekolah menengah tingkat atas lainnya yang menerapkan kurikulum 2013. Dalam penerapannya disekolah, model pembelajaran berbasis riset ini dijadikan ekstrakulikuler yang dilegulerkan seperti halnya mata pelajaran riset khusus untuk siswa kelas X sebagai pengetahuan awal tentang riset, sehingga pada kelas XI dan XII dapat diterapkan di setiap mata pelajaran. Selain itu, model pembelajaran berbasis riset ini dapat memperkuat pendidikan karakter kurikulum 2013 dan dapat memperdalam keilmuan peserta didik melalui tugas-tugas penelitian,.(2) Pada pembelajaran sejarah, penerapan model pembelajaran berbasis riset ini dapat ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil produk berupa buku karya peserta didik. Hasilnya, semakin bertambah kemampuan berfikir kritis para peserta didik terlihat dari cara berdiskusi dan menyampaikan pendapat yang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Model pembelajaran berbasis riset yang diterapkan pada pembelajaran sejarah ini melahirkan model pembelajaran baru yang diberi nama model pembelajaran sejarah berbasis riset. Kata kunci : model pembelajaran berbasis riset, sejarah, pendidikan karakter, keilmuan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:54
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61317

Actions (login required)

View Item View Item