Komparasi Hasil Belajar Ekonomi Antara Penggunaan Model Problem Based Learning dan Team AssistedIndividualization Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI IPS SMAN 1 Ngaglik

Ogara, Dwi Oktaviani (2018) Komparasi Hasil Belajar Ekonomi Antara Penggunaan Model Problem Based Learning dan Team AssistedIndividualization Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI IPS SMAN 1 Ngaglik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_dwi oktaviani ogara.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model TAI, (2) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model PBL dan model TAIpada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, (3) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model PBL dan model TAIpada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan (4) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik yang berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil berdasarkan penggunaan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sebagai sampel yang berjumlah 63 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Validitas angket motivasi belajar dihitung menggunakan CFA sedangkan validitas tes hasil belajar dihitung dengan program iteman. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakna adalah analisis varian (Anava) dua jalur dengan taraf signifikansi (ɑ) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dan model TAI. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar akhir siswa yang belajar dengan model PBL adalah 18,81 sedangkan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan model TAI adalah 11,70, (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model PBL dan model TAI pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan model PBL adalah 23,00 sedangkan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan model TAI adalah 11,75, (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model PBL dan model TAI pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan model PBL adalah 6,83 sedangkan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan model TAI adalah 12,42 (4) terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Ditunjukkan dari hasil uji anova dua jalur diperoleh nilai signifikansi 0,047 di mana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Kata Kunci: PBL, TAI, motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:04
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61310

Actions (login required)

View Item View Item