Pengembangan Media Video Cerita Animasi untuk menanamankan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kecamatan Depok

Muslimah, Panca Ariyani (2018) Pengembangan Media Video Cerita Animasi untuk menanamankan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kecamatan Depok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
PANCA ARIYANI MUSLIMAH_16717251029.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media video cerita animasi yang layak untuk penanaman karakter tanggung jawab dan kemandirian pada anak usia 4-5 tahun, dan (2) menguji efektifitas media video cerita animasi tersebut. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall dan dari 10 tahap pengembangan, pada penelitian ini disederhanakan hanya sampai 9 tahap pengembangan yang meliputi: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format awal produk, (4) uji coba lapangan tahap awal, (5) revisi produk hasil uji coba lapangan tahap awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba awal sejumlah 19 anak dari satu sekolah. Subjek uji coba lapangan utama sejumlah 39 dari dua sekolah. Subjek uji coba operasional melibatkan 63 anak dari tiga sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket, dan observasi. Data dianalisis dengan Paired Sample t Test taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, media video cerita animasi yang dikembangkan layak digunakan untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dan kemandirian anak usia dini. Hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi ahli media dan materi yang menunjukkan bahwa video cerita animai berkategori “valid revisi kecil”. Kedua, media video cerita animasi yang dikembangkan tersebut efektif digunakan dalam penanaman karakter tanggung jawab dan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Hal tersebut terbukti dari pretest dan posttest setelah menggunakan media video cerita animasi dengan p< 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media tersebut dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan kemandirian secara signifikan. Kata kunci: media video cerita animasi, karakter tanggung jawab, karakter kemandirian, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:19
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61306

Actions (login required)

View Item View Item