Ratnasari, Dewi (2018) Pengaruh Penggunaan HP Android dalam Proses Belajar, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dewi ratnasari-16703251030.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan HP Android dalam proses belajar terhadap prestasi belajar, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (4) mengetahui pengaruh penggunaan HP Android dalam proses belajar, disiplin belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah 3.438 siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan sampel 346 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket penggunaan HP android dalam proses belajar (X 1 ), disiplin belajar (X 2 ), dan motivasi belajar (Z). Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts’ judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan pearson product moment correlation. Realibilitas dihitung dengan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 21 untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan HP Android dalam proses belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan konstribusi secara langsung sebesar 1,17% dan secara tidak langsung atau melalui motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 4,79%, (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan kontribusi secara langsung sebesar 1,17% dan secara tidak langsung atau melalui motivasi belajar memiliki konstribusi sebesar 4,90%, (3) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan kontribusi sebesar 9,86%, dan (4) Pengaruh secara bersama-sama penggunaan HP Android dalam proses belajar, disiplin belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta memiliki kontribusi sebesar 18,0%. Hal ini berarti jika penggunaan HP android dalam proses belajar, disiplin belajar dan motivasi belajar siswa ditingkatkan kualitasnya dengan baik dalam proses belajar maka akan berkonstribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Kata Kunci : penggunaan HP Android dalam proses belajar, disiplin belajar, motivasi belajar, prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 01:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61302 |
Actions (login required)
View Item |