Pengembangan Media Pembelajaran Finger Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Membaca pada Anak TK Kelompok B

Shidqi, Dzulfikar Sauqy (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Finger Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Membaca pada Anak TK Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
2.0 Tesis Full.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media pembelajaran finger book berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan anak usia dini (2) tingkat kelayakan media pembelajaran finger book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun), dan (3) efektivitas media pembelajaran finger book berbasis kearifan lokal ditinjau dari minat baca dan kemampuan membaca pada anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIED (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation, Disseminate) hasil modifikasi dari model 4D dan ADDIE. Subjek uji coba tahap pilot adalah 18 anak kelompok B TK ABA Danurejo 01 Mertoyudan. Subjek uji coba tahap implement adalah 30 anak kelompok B TK ABA Pujotomo dan TK ABA Al- Muawanah 03 (kelas eksperimen) dan 30 anak kelompok B TK ABA Al- Muawanah 01 dan 02 (kelas kontrol). Data kelayakan media pembelajaran diperoleh melalui penilaian oleh ahli media dan praktisi yang dihimpun dengan menggunakan angket penilaian kelayakan dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Kemudian, data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang terdiri dari 13 butir pernyataan pada angket penilaian minat baca dan 8 angket penilaian kemampuan membaca. Analisis efektivitas dengan menggunakan Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran finger book berbasis kearifan lokal layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini dengan nilai rata-rata pada komponen kelayakan isi sebesar 11,3 (Sangat Baik), kebahasaan sebesar 7,2 (Sangat Baik), penyajian sebesar 22,3 (Sangat Baik), kegrafisan sebesar 22,1 (Sangat Baik), cover sebesar 18,3 (Sangat Baik), boneka sebesar 14,8 (Sangat Baik). Pembelajaran anak usia dini menggunakan media finger book berbasis kearifan lokal terbukti efektif dalam memfasilitasi anak untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca yang ditunjukkan dengan nilai sig. yang kurang dari (0,05) pada analisis Wilcoxon Signed Rank Test yang dilakukan. Kata Kunci: buku cerita bergambar, boneka jari, finger book, kearifan lokal, minat baca, kemampuan membaca

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:00
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61295

Actions (login required)

View Item View Item