PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Prakoso, Agung (2018) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AGUNG PRAKOSO_12803241052 .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMKN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMKN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018. 3) Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Pergaulan Kelompok Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMKN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 127 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan kepada 32 siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Wonosari. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,435; r2x1y=0,190; thitung 5,406; ttabel 1,979 pada taraf signifikani 5%. 2) Terdapat pengaruh positif Pergaulan Kelompok Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,365; r2x2y=0,133; thitung 4,378; ttabel 1,979 pada taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet dan Pergaulan Kelompok Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan Ry(1,2)=0,524; R2y(1,2)=0,274; Fhitung 23,417; Ftabel 3,069 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Pemanfaatan Internet sebesar 60,62% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 39,38%. Sumbangan Relatif Pergaulan Kelompok Teman Sebaya sebesar 16,61% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 10,79%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Pergaulan Kelompok Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61288

Actions (login required)

View Item View Item