Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam

Khayati, Nur (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Full Tesis Nur Khayati.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia pada materi hidrolisis garam dalam memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran; (2) mengungkap hasil pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia peserta didik kelas XI di SMA Negeri di Bantul pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan langkah 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Desain uji coba produk dalam penelitian ini adalah penilaian peer reviewer, penilaian expert judgment, uji coba instrumen, dan pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 175 peserta didik, sedangkan pengukuran kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia dilakukan terhadap 445 peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis validasi butir soal, analisis keterbacaan instrumen, uji asumsi dengan pemodelan Rasch, analisis hasil uji coba instrumen, dan analisis pengukuran instrumen terintegrasi. Hasil penelitian ini adalah instrumen penilaian terintegrasi yang berjumlah 20 soal pilihan ganda dan dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan pedoman penilaian yang telah diujicoba kepada dua expert judgment dan empat praktisi yang memiliki nilai V ≥ 0,92 dan dinyatakan fit dengan Partial Credit Model 1- Parameter Logistic (PCM 1-PL). Reliabilitas instrumen diukur menggunakan nilai alpha cronbach sebesar 0,93. Instrumen tes reliabel pada kemampuan peserta didik yang berada di antara -3,075 dan +2,876. Tingkat kesukaran butir instrumen tes terdiri atas 3 soal dengan kategori mudah, 11 soal dengan kategori sedang, 4 soal dengan kategori sulit, dan 2 soal dengan kategori sangat sulit. Kemampuan berpikir kritis dan literasi kimia peserta didik pada materi hidrolisis garam berada pada kategori sedang. Kata Kunci: berpikir kritis, hidrolisis garam, instrumen, literasi kimia, penilaian terintegrasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:26
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61282

Actions (login required)

View Item View Item