HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SOAL CERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI DALEMAN PANDAK BANTUL

Wijayanti, Ika (2012) HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SOAL CERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI DALEMAN PANDAK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Wijayanti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara metode demonstrasi dan metode bermain peran dengan prestasi belajar operasi hitung campuran pada soal cerita siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Daleman. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu dengan menyajikan data dalam bentuk angka, diagram, maupun tabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Daleman yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation yang dilanjutkan dengan rumus Part-Whole Correlation, sedangkan uji reliablitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji hipotesis dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi. Hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan yang positif dari variabel metode demonstrasi dengan prestasi belajar operasi hitung campuran pada soal cerita siswa kelas IV dengan nilai rhitung 0,578 dan sumbangan efektif sebesar 23,5%. (2) Terdapat hubungan yang positif dari variabel metode bermain peran dengan prestasi belajar operasi hitung campuran pada soal cerita siswa kelas IV dengan nilai rhitung 0,591 dan sumbangan efektif sebesar 25,2%. (3) Terdapat hubungan yang positif dari variabel metode demonstrasi dan metode bermain peran secara bersama-sama dengan prestasi belajar operasi hitung campuran pada soal cerita siswa kelas IV dengan nilai R sebesar 0,698, F sebesar 8,554, dan sumbangan efektif sebesar 48,7%. Kata Kunci: metode demonstrasi, metode bermain peran, prestasi belajar, operasi hitung campuran pada soal cerita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2012 11:21
Last Modified: 29 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item