Pengembangan Model Program Tahunan Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah Pakem

Nurhasanah, Nurhasanah (2018) Pengembangan Model Program Tahunan Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah Pakem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhasanah-16713251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model program tahunan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah Pakem. Model program tahunan bimbingan dan konseling diawali dengan panduan penyusunan program bimbingan dan konseling yang dapat dijadikan acuan guru bimbingan dan konseling dan didalamnya akan terdapat kebutuhan peserta didik berdasarkan kelas dan kelas paralel yang layak digunakan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall. Studi pendahuluan dilakukan berdasarkan observasi di SMP Muhammadiyah Pakem. Validitas dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan penilaian 2 orang ahli dan 6 orang praktisi. Uji coba lapangan awal melibatkan 2 orang ahli secara teori, uji coba lapangan utama melibatkan 2 orang praktisi SMP Muhammadiyah Pakem, dan uji coba lapangan operasional dengan 4 orang praktisi SMP di Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan sebuah model program tahunan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah Pakem memiliki validitas oleh ahli secara teori memperoleh skor 65.9% (kategori cukup baik) dan oleh praktisi sebagai pengguna dengan skor 85% (kategori baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model program tahunan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah Pakem layak digunakan guru bimbingan dan konseling. Kata Kunci: bimbingan, konseling, program, tahunan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:38
Last Modified: 26 Oct 2022 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61249

Actions (login required)

View Item View Item