Pengembangan Media Pembelajaran (Perahu Dayung) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Fisika SMA

Lestari, Mulinda Dewi (2018) Pengembangan Media Pembelajaran (Perahu Dayung) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
THESIS MULINDA DEWI LESTARI.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran (Perahu Dayung) berbantuan Android yang layak untuk peserta didik SMA kelas X MIPA dan (2) menghasilkan media pembelajaran (Perahu Dayung) berbantuan android yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik SMA kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan desain model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian yaitu pretest-posttest group design. Pengembangan media pembelajaran di dilakukan dengan menganalisis masalah, mendesain produk awal, uji ahli, uji coba terbatas, uji empirik dan uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas adalah 10 orang peserta didik SMA FERDY FERRY PUTRA Kota Jambi yang diambil dari satu kelas dan telah mempelajari materi Hukum Newton. Subjek uji empirik adalah 40 orang peserta didik SMA FERDY FERRY PUTRA Kota Jambi yang yang diambil secara acak dan sudah mempelajari materi Hukum Newton, sedangkan subjek uji coba lapangan 20 siswa kelas X MIPA 2 SMA FERDY FERRY PUTRA Kota Jambi kelas kontrol dan 20 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA FERDY FERRY PUTRA Kota Jambi sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Instrumen non tes meliputi penilaian produk dan materi. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian menghasilkan media pembelajaran berbantuan android yang layak digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA berdasarkan penilaian ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik yang ditunjukan dari uji multivariat (MANOVA) kurang dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci : Media, Android, Kemampuan Berpikir kritis, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:25
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61247

Actions (login required)

View Item View Item