Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Penugasan Berorientasikan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika SMA Materi Trigonometri

Nasiroh, Dewi (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Penugasan Berorientasikan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika SMA Materi Trigonometri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_DEWINASIROH_16701251034.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar dengan teknik penugasan berorientasikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika SMA pada materi trigonometri, (2) mengungkapkan kelayakan instrumen yang dihasilkan, (3) mengungkapkan karakteristik instrumen, (4) mengungkapkan respon pengguna instrumen, dan (5) mengukur kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta pada pembelajaran matematika SMA materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur penyusunan tes berdasarkan Mardapi (2017) dengan langkah meliputi: menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah tes, melakukan uji coba tes, menganalisisi butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes dan menafsirkan hasil tes. Produk awal diujicoba lapangan kepada 254 peserta didik SMA di kota Yogyakarta. Hasil penelitian berupa instrumen penilaian hasil belajar dengan teknik penugasan berorientasikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika SMA materi trigonometri. Indek Aiken untuk instrumen ini sebesar 0,7, dan instrumen reliabel apabila diujikan pada peserta tes dengan kemampuan () antara -4,07 logit <  < 3,79 logit. Respon guru terhadap instrumen tes dinyatakan baik. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa 20 soal fit dengan model PCM. Tingkat kesukaran berada pada rentang -1,29 logit < b < 1,32 logit . Fungsi informasi tes yang didapatkan sebesar  =-0,11 logit dan kesalahan baku pengukuran sebesar 0,18. Hasil pengukuran terhadap 90 peserta didik menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik sebesar 66,7 % dan komunikasi matematis sebesar 67 %. Kata kunci: kemampuan, matematis, penalaran, penilaian, trigonometri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:03
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61236

Actions (login required)

View Item View Item