Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Representasi Ganda untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP

Mutia, Nur Balqis (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Representasi Ganda untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_NUR BALQIS MUTIA_16708251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berbasis representasi ganda yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes, menggunakan lembar soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan (2) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses sains, angket penilaian kelayakan produk, dan angket respon peserta didik terhadap keterbacaan LKPD IPA. Design uji coba penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Kelayakan LKPD IPA dianalisis secara kuantitatif berdasarkan penilaian dari tim ahli, kepraktisan LKPD IPA dianalisis berdasarkan angket respon peserta didik terhadap keterbacaan LKPD dan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKPD, sedangkan keefektifan LKPD IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains dianalisis berdasarkan uji MANOVA dari rata-rata skor gain ternormalisasi saat uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kelayakan LKPD IPA berbasis representasi ganda yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak (2) LKPD IPA berbasis representasi ganda praktis digunakan dalam pembelajaran IPA dan (3) penerapan LKPD IPA berbasis representasi ganda efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta didik SMP Negeri 3 Kota Langsa. Kata kunci : lembar kerja peserta didik IPA, representasi ganda, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains..

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:01
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61228

Actions (login required)

View Item View Item